Senin, 21 Mei 2012

Perkiraan dan Antisipasi Terhadap Masyarakat Masa Depan (Tinjauan dari Berbagai Aspek)





No.


PERKIRAAN

ANTISIPASI

ANALISIS/KETERANGAN SINGKAT
1.
Kecenderungan Globalisasi

Dalam menghadapi globalisasi itu yang menekankan perlunya berpikir dan berwawasan global namun harus tetap menyesuaikan keputusan dan tindakan dengan keadaan nyata di sekitarnya.
Kata ‘globalisasi’ makin lama makin menjadi sajian sehari-hari melalui berbagai pernyataan publik dan liputan media massa; dan kalau semuanya itu kita perhatikan secara saksama, maka akan ternyata betapa kata ‘globalisasi’ itu cenderung dilontarkan tanpa terlalu dihiraukan apa maknanya. Globalisasi pada hakikatnya adalah proses yang ditimbulkan oleh sesuatu kegiatan atau prakarsa yang dampaknya berkelanjutan melampaui batas-­batas kebangsaan (nation-hood) dan kenegaraan (state-hood); dan mengingat bahwa jagad kemanusiaan ditandai oleh pluralisme budaya, maka globalisasi sebagai proses juga menggejala sebagai peristiwa yang melanda dunia secara lintas-budaya (trans-cultural).
2.
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek)

Memudahkan untuk mengikuti perkembangan iptek yang terjadi di dunia, menguasai dan menerapkannya untuk memenuhi kebutuhan pembangunan.
Teknologi informasi dan komunikasi dalam era globalisasi ini merupakan pendukung utama bagi terselenggaranya pertemuan antarbudaya. Dengan dukungan teknologi modern informasi dalam berbagai bentuk dan untuk berbagai kepentingan dapat disebarluaskan begitu rupa, sehingga dengan mudah dapat mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup kita.
3.
Perkembangan Arus Komunikasi yang Semakin Padat dan Cepat

Perkembangan komunikasi, mencakup aspek kehidupan manusia yakni keseluruhan unsur-unsur kebudayaan, mulai dari sistem dan upacara keagamaan sampai dengan sistem teknologi dan peralatan.



Bahwa kemajuan itu telah mendorong perubahan masyarakat dari masyarakat industri ke masyarakat informasi. Meskipun teknologi komunikasi dan informasi telah mengalami perkembangan cepat, namun belum merata pada semua negara. Oleh karena itu, diperlukan berbagai upaya untuk merebut teknologi tersebut.
4.
Penigkatan Layanan Profesional

Kualitas layanan profesional, harus diimbangin dengan peningkatan kualitas tenaga profesional secara berencana dan sistematis, baik pada pendidikan prajabatan maupun pendidikan dalam jabatan. Pembinaan tersebut meliputi semua aspek ketenagaan, baik aspek wawasan maupun aspek teknis dan prosedur kerja dari layanan tersebut.

Sehubungan dengan kecenderungan permasalahan manusia yang bersifat holistik dan memerlukan penanganan multidisiplin, maka tuntutan mutu layanan profesional tersebut semakin tinggi pula. Hal itu menuntut suatu kerja sama antartenaga profesional yang semakin erat. Dengan demikian, kualitas hidup dan kehidupan manusia dalam masyarakat di masa depan akan lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar