Sabtu, 03 Desember 2011

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR

A.  Faktor Internal

      1.   Faktor Biologis (jasmaniah)
      Keadaan jasmani yang perlu diperhatikan, pertama kondisi fisik yang normal atau tidak memiliki cacat sejak dalam kandungan sampai sesudah lahir. Kondisi fisik normal ini terutama harus meliputi keadaan otak, panca indera, anggota tubuh. Kedua, kondisi kesehatan fisik yang sehat dan segar sangat mempengaruhi keberhasilan belajar.
2.    Faktor Psikologis
       Faktor psikologis yang mempengaruhi keberhasilan belajar ini meliputi segala hal yang berkaitan dengan kondisi mental seseorang. Kondisi mental yang dapat menunjang keberhasilan belajar adalah kondisi mental yang mantap dan stabil.

B.  Faktor Eksternal

1.     Faktor lingkungan keluarga
        Faktor lingkungan rumah atau keluarga ini merupakan lingkungan pertama dan utama pula dalam menentukan keberhasilan belajar seseorang. Suasana lingkungan rumah yang cukup tenang, adanya perhatian orangtua terhadap perkembangan proses belajar dan pendidikan anak-anaknya maka akan mempengaruhi keberhasilan belajar.
2.      Faktor lingkungan sekolah
         Lingkungan sekolah sangat diperlukan untuk menentukan keberhasilan belajar siswa. Hal yang paling mempengaruhi keberhasialan belajar para siswa disekolah mencakup metode mengajar, kurikulum, dan relasi guru dengan siswa.
3.      Faktor lingkungan masyarakat
         Seorang siswa hendaknya dapat memilih lingkungan masyarakat yang dapat menunjang keberhasilan belajar. Masyarakat merupakan faktor ekstern yang juga berpengaruh terhadap belajar siswa karena keberadannya dalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar