Sabtu, 09 November 2013

Media Instruksional



B. Pengertian Media
      Kata media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Dalam bahasa Arab media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepenerima pesan. Gerlach & Ely (1971) mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap.
Batasan lain telah dikemukakan oleh para ahli yang sebagian diantaranya adalah AECT (1977) memberi batasan tentang media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi.

C. Manfaat Media Instruksional
      Secara umum manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar
proses interaksi antara pendidik dan peserta didik atau antara dosen dan mahasiswa atau
guru dan murid dan hal ini pada gilirannya akan membantu mahasiswa atau peserta didik
untuk belajar secara optimal. Kemp dan Dayton menjelaskan manfaat khusus bagi media
instruksional sebagaimana yang telah diidentifikasinya yaitu :
1. Penyampaian materi perkuliahan dapat diseragamkan
2. Proses instruksional menjadi lebih menarik
3. Proses belajar mahasiswa/siswa menjadi lebih interaktif
4. Jumlah waktu belajar mengajar dapat dikurangi
5. Kualitas belajar siswa/mahasiswa dapat ditingkatkan
6. Proses belajar dapat terjadi dimana saja dan kapan saja
7. Sikap positif siswa/mahasiswa terhadap bahan belajar maupun terhadap proses belajar dapat ditingkatkan.
8. Peran pendidik/dosen dapat diarahkan kepada cara yang lebih produktif dan aktif
  
D. Jenis dan Karakteristik Media Instruksional
Media pendidikan bermakna lebih luas dari media pengajaran. Media pendidikan dapat digunakan berbagai bentuk komunikasi seperti pada berbagai kegiatan penerangan, penyuluhan termasuk pengajaran. Media penajaran dipakai secara terbatas pada situasi belajar mengajar kendatipun penggunaannya dapat diperluas pada berbagai komunikasi lainnya (Davies:1981,125). 
Berdasarkan jenisnya media dapat dibagi ke dalam 3 (tiga) bentuk yaitu:

a. Media auditif. 
Media auditif adalah media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja.
Karakteristik media ini berkaitan dengan indera pendengaran. Pesan yang disampaikan
dituangkan ke dalam lambang-lambang auditif baik verbal (yaitu kata-kata dalam bahasa
lisan) maupun non verbal. Ada beberapa jenis media yang dapat dikelompokkan dalam
dalam media audio antara lain, radio, alat perekam (recorder), tape recorder, laboratorium
bahasa. Media ini juga harus dilihat sasarannya artinya media ini tidak bisa digunakan
untuk orang tuli atau orang yang mempunyai kelainan pada pendengaran (Knirk:1986,24).

b. Media visual.
 Karakteristik dari media ini sangat mengandalkan indera penglihatan. Media ini
ada yang menampilkan gambar diam seperti film strips atau film rangkai, slides film
bingkai, gambar atau lukisan, cetakan (Miarso: 1982,33).

c. Media audio visual.
Karakteristik media ini adalah memiliki unsur suara dan unsur gambar. Jenis media
ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media yang
pertama dan kedua yaitu media audio dan visual. (Miarso: 1986,34).

Anderson (1994:186) membagi jenis media ke dalam sepuluh kelompok, yaitu:

1). Media audio
Media ini terdiri dari pita audio (kaset), piringan audio dan radio. Karakteristik darimedia ini dapat memberikan rangsang pendengaran. Hubungan media ini dengan tujuaninstruksional adalah:
a. Tujuan kognitif; audio dapat dipergunakan untuk mengajarkan pengenalan kembaliatau pembedaan rangsang yang  relevan
b. Tujuan afektif: suasana mungkin dapat menciptakan musik latar belakang, efek suara dan lain-lain.
c. Tujuan psikomotor: dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan verbal.

2). Media cetak
Media ini terdiri dari buku teks terprogram, buku pegangan manual, buku tugas.
Ciri dari media ini adalah mampu memperagakan simbol-simbol verbal dan
representasi gambar diam. Hubungan media ini dengan tujuan instruksional adalah:

a. Tujuan kognitif: menyampaikan informasi bersifat fakta dan pengenalan kembali(rekognisi)
b. Tujuan afrktif : dapat membangkitkan emosi dan menarik dari buku yang ditulisterjadinya perubahan sika
(change  attitude).
c. Tujuan psikomotor: tidak ada, karena penggambaran gerak sukar disajikan denganmedia ini.

3). Media audio cetak.
      Media ini terdiri dari buku latihan yang dilengkapi dengan kaset atau pita audio,
pita, gambar, bahan yang dilengkapi dengan pita suara audio. Hubungannya dengan tujuaninstruksional sama seperti tujuan media audio dan media cetak.

4). Media benda (objek)
      Terdiri media nyata dan model tiruan. Karakteristiknya adalah dapat memberikan
rangsang penglihatan, pendengaran dan perabaan. Hubungannya dengan tujuan
instruksional :
  a. Tujuan kognitif: untuk mengajarkan pengenalan kembali dan pembedaanrangsangan yang relevan.
  b. Tujuan afektif: bila menggunakan alat yang sebenarnya kemungkinan sikap yang positif terhadap pekerjaan
      mereka sejak awal latihan.
  c. Tujuan psikomotor : memberkan latihan bagi siswa untuk menguji penampilandalam menangani materi pekerjaan
      dan mendemonstrasikan dan mengukur kemampuan peserta didik.

5). Media visual diam
      Media ini terdiri dari film bingkai (slide) dan film rangkai (berisi pean verbal).Karakteristiknya adalah gambar diam. Hubungannya dengan tujuan instruksional adalah:
          a.    Tujuan kognitif : pengenalan benda-benda yang belum dikenal peserta didikdan mampu membedakan                        objek yang ada di dalam gambar.
          b.    Tujuan afektif : tidak terpakai
          c.    Tujuan psikomotor : menunjukkan posisi benda atau orang yang sedangbergerak sebelum pendidik/dosen
                 mendemonstrasikannya atau sebelum peserta didik/mahasiswa dilatih.

 6). Media proyeksi dengan suara
      Terdiri film bingkai (slide) suara dan film rangkai suara. Karakteristiknya adalahgambar diam. Hubungannya dengan tujuan instruksional :
            a.  Tujuan kognitif : mengajarkan objek yang belum dikenal
            b.  Tujuan afektif : tidak dapat digunakan
            c.  Tujuan psikomotor : gambar ini menunjukkan posisi tertentu yang bergerak.

7). Media visual gerak dan audio
      Terdiri dari film gerak tanpa suara dengan penggunaan caption

8). Media visual gerak dan audio
      Terdiri dari film suara dan video. Karakteristiknya adalah gambar bergerak tanpa
           suara. Hubungannya dengan tujuan instruksional adalah:
a    Tujuan kognitif : berhubungan dengan kemampuan mengenal kembali dan
      kemampuan memberikan rangsangan gerak yang serasi.
b   Tujuan afektif : memberikan pengaruh pada sikap dan emosi dan merupakan
      media yang baik sekali menyampaikan materi dalam kawasan afektif.
c   Tujuan psikomotor: memberikan contoh keterampilan yang menyangkut gerak dan
     mengajarkan kordinasi antara alat tertentu.

9). Media manusia dan lingkungan
Media manusia dapat digunakan sebagai contoh yang nyata untuk menampilkan
contoh-contoh gerak. Sedangkan media lingkungan merupakan media yang berada di
sekitar kita. Media ini sangat besar ruang lingkupnya dan bebas dalam menggunakannya
tanpa dikenai biaya apapun.

10). Media komputer (CAI)
Karakteristik media komputer ini digunakan dalam berbagai macam terminal yang
berbeda atau menggabungkannya dengan media lain yang bertujuan memberikan
pembelajaran yang sifatnya individual. Hubungan media ini dengan tujuan instruksional
adalah:
a  Tujuan kognitif : dapat mengajarkan konsep, aturan,prinsip, langkah dalam proses
     yang kompleks.
b  Tujuan afektif : untuk mengontrol bahan-bahan film dan video
c  Tujuan psikomotor : mengajarkan programming dan kecakapan yang serupa bila
     mahasiswa/siswa mau bekerja sesuai dengan pekerjaan yang telah ditetapkan.
Penggolongan media ditinjau dari ukuran audiensnya ada tiga yaitu :
               1.  Media untuk audiens besar yang terdiri dari televisi, radio, video.
               2.  Media untuk audiens kecil yang terdiri dari film suara, film bisu, video tape, film
                    Strip suara slide, radio, audio tape, audio disc, foto, poster, papan tulis.
               3.  Media individu yang terdiri dari media cetak, telepon, CAI
  (Wilkinson: 1984,45)
      Meskipun banyak macam media instruksional, namun hanya sedikit sekali yang
sering dipergunakan dalam ruangan kuliah ataupun di kelas oleh seorang dosen
ataupun pendidik. Dari jumlah yang sedikit tersebut diantaranya overhead Projector
(OHP), gambar, model dan tentu saja papan tulis dan buku. Sedangkan media lain
seperti video film, kaset audio, film bingkai, auditif jarang digunakan meskipun benda-
benda ini tidak asing lagi bagi kebanyakan dosen.
      Oleh karena itu ada baiknya kita mengenal macam-macam media ini dengan
harapan dapat memacu kita untuk mengadakan dan memiliki kompetensi yang cukup
dalam menggunakannya, agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien
dalam mengelola waktu dan melaksanakannya di dalam kelas.

UTS STUDI PEMIKIRAN ISLAM



Nama: Reni Wulandari                                                           UTS STUDI PEMIKIRAN ISLAM
Nim: 4415111518
Prodi: Pendidikan Sejarah Reguler 2011

1. Perbedaan obyek formal dan material studi pemikiran islam, agama islam dan sejarah islam.
Studi islam merupakan disiplin ilmu yang membahas Islam, baik sebagai ajaran, kelembagaan, sejarah maupun kehidupan umatnya. Dimaklumi bahwa Islam sebagai agama dan sistem ajaran telah menjalani proses akulturasi, transmisi dari generasi ke generasi dalam rentang waktu yang panjang dan dalam ruang budaya yang beragam. Secara kelembagaaan proses transmisi Agama Islam berlangsung di berbagai institusi mulai dari keluarga, masyarakat, mesjid, madrasah, pesantren, sampai al-jamiah. Dalam proses transmisi tersebut para pemeluk agama ini telah memberikan respon, baik dalam pemikiran ofensif maupun defensif terhadap ajaran, ideologi atau pemikiran dari luar agama yang diyakininya itu. Dengan demikian, studi keislaman, dilihat dari ruang lingkup kajiannya, berupaya mengkaji Islam dalam berbagai aspeknya dan dari berbagai sudut pandangnya.
Studi ini menggunakan pola kajian Islamic studies sebagaimana berkembang dalam tradisi akademik modern (barat). Pola ini tidak sama dengan pengertian pendidikan agama Islam (al-tarbiyah al-islamiyah), yang secara konvensional lebih merupakan proses transmisi ajaran agama, yang melibatkan aspek kognitf (pengetahuan tentang ajaran Islam), afektif dan psikomotor (menyangkut sikap dan pengalaman ajaran). Pola kajian yang dikembangkan dalam studi ini adalah upaya kritis terhadap teks, sejarah, dokrin, pemikiran dan istitusi keislaman dengan menggunakan pendekatan-pendektan tertentu,seperti Kalam, Fiqh, fisafat, tasawuf, historis, antropologis, sosiologis, psikologis, yang secara populer di kalangan akademik dianggap ilmiah. Dengan pendekatan ini kajian tidak disengajakan untuk menemukan atau mempertahankan keimanan atas kebenaran suatu konsep atau ajaran tertentu, melainkan mengkajinya secara ilmiah, yang terbuka ruang di dalamnya untuk ditolak, diterima, maupun dipercaya kebenarannya. Kajian dengan pendekatan semacam ini banyak dilakukan oleh para orientalis atau islamis yang memposisikan diri sebagai outsider (pengkaji islam daru luar) dan insider (pengkaji dari kalangan muslim) dalam studi keislaman kontemporer.
Di dalam sejarah pemikiran Islam kita dapat mengkaji perkembangan Agama Islam yang berkaitan dengan berbagai aliran aliran yang muncul. Banyaknya aliran agama Islam terutama yang terdapat di Indonesia tak luput dari pemikiran pemikiran para pendahulunya. Jadi dengan sejarah pemikiran islam ini kita dapat mengkaji berbagai kejadian kejadian yang berhubungan dengan Agama Islam yang terjadi Indonesia yang memang tidak terlepas dari berbagai aliran aliran Agama Islam
2. faktor–faktor yang menyebabkan keragaman aliran–aliran pemikiran dalam islam
Dahulu di zamaan Rasulullaah SAW. kaum muslimin dikenal bersatu, semua dibawah pimpinan dan komando Rasulullah SAW.
Bila ada masalah atau beda pendapat antara para sahabat, mereka langsung datang kepada Rasulullah SAW. itulah yang membuat para sahabat saat itu tidak sampai terpecah belah, baik dalam masalah akidah, maupun dalam urusan duniawi.
Kemudian setelah Rasulullah SAW. wafat, benih-benih perpecahan mulai tampak dan puncaknya terjadi saat Imam Ali kw. menjadi khalifah. Namun perpecahan tersebut hanya bersifat politik, sedang akidah mereka tetap satu yaitu akidah Islamiyah, meskipun saat itu benih-benih penyimpangan dalam akidah sudah mulai ditebarkan oleh Ibin Saba’, seorang yang dalam sejarah Islam dikenal sebagai pencetus faham Syiah (Rawafid).
Tapi setelah para sahabat wafat, benih-benih perpecahan dalam akidah tersebut mulai membesar, sehingga timbullah faham-faham yang bermacam-macam yang menyimpang dari ajaran Rasullullah SAW.
Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW : bahwa golongan yang selamat dan akan masuk surga (al-Firqah an Najiyah) adalah golongan yang mengikuti apa-apa yang aku (Rasulullah SAW) kerjakan bersama sahabat-sahabatku. Bagaimana seorang muslim harus bersikap melihat keragaman aliran-aliran, mestinya tak ada keraguan sedikit pun bahwa Islam secara doktriner adalah agama yang sangat toleran. Yang jadi persoalan adalah sikap umat Islam tak selalu konkruen. Sebagian menganggap pemahamannya selalu benar, padahal kebenaran absolut hanya milik Tuhan. Maka, beragama tidak pernah usai, dan selalu berada dalam proses.
Sepanjang yang beragama itu manusia, maka manusia akan selalu berkembang.
Di sinilah kita perlu mengubah mindset (kerangka berpikir) yang masih keliru. Kita mesti belajar untuk duduk bersama, saling mendengar dan bertukar pikiran, baik dengan sesama muslim maupun nonmuslim. Upaya untuk mencairkan kebekuan wacana pluralisme juga bisa dipercepat dengan jalan mengintensifkan pendidikan pluralisme dan multikulturalisme di sekolah-sekolah. Lembaga pendidikan dianggap media yang paling tepat untuk mereparasi mindset seseorang.
Misalnya diawali dari sejarah agama-agama lebih detail. Dengan memahami sejarah, seseorang cenderung sulit menjadi radikal terhadap agama maupun penganut agama lain.             

3. Pasca meninggalnya Rasul, timbul satu persoalan mendasar dalam Islam saat itu yakni persoalan tentang khilafah atau Imamah kepemimpinan negara pasca Rasul. Pertemuan Saqifah sebagai media pencarian solusi terbaik saat itu, menjadi saksi sejarah atas akar perbedaan pendapat yang tidak bisa dimenej secara positif. Salah satu ulama dan ilmuwan Islam, Abu Hasan Al-Asy’ari mengatakan bahwa perbedaan pendapat yang tajam saat itu tentang persoalan Khilafah atau Imamah ini merupakan “pembuka keran” timbulnya sekte-sekte serta aliran ketauhidan dan politik dalam Islam.
Salah satu penyebab perbedaan pendapat di antara mereka adalah dalam masalah kepemimpinan dikarenakan semasa hidupnya Rasulullah tidak pernah menjelaskan hal ini dengan rinci. Nabi Muhammad hanya menjelaskan prinsip-prinsip umum, semangat keber-Islaman, tuntutan akhlak mahmudah dan menjauhi akhlak madzmumah, adil, memberlakukan hukum tanpa pandang bulu, yang kesemuanya itu dijalankan oleh Nabi di Madinah, sesuai dengan Piagam Madinah (Al-Mitsaq Al-Madaniyah) dan ketentraman serta kesejahteraan benar-benar dirasakan oleh keseluruhan masyarakat Madinah saat itu. Namun, Nabi tidak pernah menjelaskan secara detail tentang siapa yang akan menggantikan beliau, cara pergantian jabatan, syarat-syarat kepemimpinan dan lainnya tentang kepemimpinan Islam.
Menurut DR. Dhihauddin Rais latar belakang tidak diperincinya persoalan-persoalan di atas, dikarenakan ciri khas syariat Islam yang tidak mengikat umat Islam dengan aturan-aturan baku yang kaku, yang kemudian tidak cocok dengan perkembangan yang terus terjadi dan tidak sesuai dengan kondisi kekinian. Syariat Islam juga berkehendak agar undang-undang Islam terus bersifat lentur, sehingga kelenturannya itu memberikan kesempatan kepada akal manusia untuk berfikir serta umat Islam dapat menciptakan sendiri sistem politik dan kemasyarakatan, sesuai dengan kebutuhan masyarakat Islam yang terus berubah-ubah.
Saat meninggalnya Rasul, salah satu dari dua kelompok utama masyarakat Islam, yaitu kalangan Anshar, segera mengadakan pertemuan di Saqifah Bani Sa’idah—yang merupakan nenek moyang Bani Khazraj--- untuk membicarakan hal di atas tadi. Kecepatan mereka untuk berinisiatif mengadakan pertemuan ini pada hari wafat dan sebelum Nabi dimakamkan mengisyaratkan pada para sejarawan, bahwa mereka telah memikirkan hal ini sebelum mengadakan pertemuan, walaupun mungkin beberapa hari sebelumnya. Menurut M. Dhiauddin Rais ambisi Sa’ad Bin Ubadah, seorang tokoh Khazraj yang mendorongnya untuk segera membentuk kelompok pendukung, sehingga nantinya dia dapat meraih dukungan yang lebih luas sebelum dia disaingi oleh tokoh lain.
Dari perdebatan panjang Saqifah, dapat disimpulkan teori-teori pemikiran terpenting yang mengemuka dalam pertemuan itu yakni : teori membela kaum Anshar yang mengklaim diri mereka sebagai pihak yang berhak memegang jabatan Kekhalifahan, dengan alas an merekalah yang membela Islam dengan segenap jiwa, raga dan harta mereka, memberikan tempat dan pertolongan pada saat-saat awal perjuangan Nabi dan merekalah penduduk asli Madinah.. Menurut Dhihauddin Rais pemiiran ini dikatakannya sebagai teori politik pertama yang timbul dalam sejarah pemikiran politik Islam.
Teori yang kedua, adalah bantahan (antitesis) atas teori pertama tadi, pembelaan atas hak kaum Muhajirin atas jabatan Kekhalifahan, dan membuktikan bahwa mereka lebih berhak atas jabatan Kekhalifahan dibandingkan dengan yang lain, mereka juga menganggap pihak yang menyembah Allah pertama kali di atas permukaan bumi, mereka adalah orang-orang kepercayaan dan shahabat terdekat dan utama Rasul dan menyertai Rasul, ketika mengalami penganiayaan dari kaum Kafir Quraisy.
Selain kedua teori di atas, muncul pemikiran tentang keutamaan suku Quraisy, di mana para pemimpin suku Quraisy berpandangan bahwa sudah menjadi kebiasaan bangsa Arab yang menjadi penguasa dari sejak dahulu adalah suku Quraisy. Pemikiran lain juga muncul dari Habbab bin Munjir bin Jamuh, berupa kemungkinan pemecahan kepemimpinan atau adanya beberapa kepala negara sekaligus, misalnya dengan mengangkat dua Khalifah sekaligus. Dan beberapa pemikiran lainnya yang mengemuka, namun tidak dominant.
Dalam peristiwa Saqifah ini, meskipun titik pandang masing-masing kelompok berbeda, tapi pertemuan itu berhasil menyepakati konsep yang amat penting yakni pemilihan Khalifah dilakukan dengan bai’at. Para peserta pertemuan itu akhirnya sepakat untuk memilih Abu Bakar, yang disusul oleh bai’at shahabat-shahabat Nabi, kecuali beberapa shahabat yang belum memberikan Bai’at seperti : Ali bin Abu Thalib, Abu Dzar Al-Ghifari, Amar bin Yassir, Salman Al-Farisi, Bilal bin Rabah, Abbas bin Abdl Muttalib, Zubair bin Awwam, Abu Ayyub Al-Ansari, dll.
Dalam beberapa riwayat tokoh-tokoh tersebut tersinggung dengan adanya pertemuan Saqifah, yang cenderung mendahulukan perbincangan pemimpin dengan melalaikan pengurusan zenazah Nabi saat itu yang belum dimandikan dan dishalatkan, Ali sebagai tokoh terkemuka dari golongan Bani Hasyim—atau ahl bayt Rasul—tidak mau membai’at Abu Bakar sampai 6 bulan pemerintahan Abu Bakar. Dalam banyak literature yang membahas tentang Saqifah bisa dilacak bagaimana pertentangan –mungkin pada sekala tertentu cenderung berlebihan—keras terjadi di antara para Shahabat dan keluarga Nabi yang utama. Abu Bakar yang didukung kuat Umar bin Khattab dan sebagian besar Shahabat Rasul dari Anshar, Muhajirin dan suku Quraisy berhadap-hadapan dengan Bani Hasyim atau Ahl Bayt Nabi yang juga menginginkan Ali Bin Abi Thalib sebagai Khalifah. Tapi sejalan perjalanan waktu persoalan ini mencair dengan bai’at Ali 6 bulan kemudian, walaupun tidak bisa menyelesaikan persoalan keretakan-keretakan yang sudah tertanam sebelumnya.
4.     Perbedaan pandangan Qadariyah, Jabariyah, dan Ahlu Sunnah wal Jama’ah
Qadariyah
Qadariyah (atau Qadariya), dalam Islam adalah penganut kehendak bebas. Para Qadar kata ini berasal dari Qadr ( kekuatan atau hak ). Qadariya adalah salah satu sekolah filsafat awal pemikiran dalam Islam. Doktrin yang dianut gagasan rasionalisme dan mengandung unsur-unsur Yunani filsafat. Qadaris mempertahankan bahwa Allah memberikan manusia kehendak bebas, tanpa yang satu tidak dapat sepenuhnya bertanggung jawab atas tindakan seseorang. Bebas juga akan berarti bahwa Allah tidak dapat mengetahui tindakan seorang pria di muka. Qadaris juga menolak penyewa inti lainnya dari Sunni keyakinan termasuk keyakinan dalam Hukuman Grave tersebut. Mereka juga menyangkal bahwa suatu hadist otentik bukti untuk membangun proposisi dalam aqidah Islam kecuali ditransmisikan dalam mutawatir bentuk Jabariyah.
Jabariyah
Kata Jabariyah berasal dari kata Jabara dalam bahasa Arab yang mengandung arti memaksa dan mengharuskan melakukan sesuatu. Pengertian arti kata secara etimologi diatas telah dipahami bahwa kata jabara merupakan suatu paksaan di dalam melakukan setiap sesuatu. Atau dengan kata lain ada unsur keterpaksaan. Kata Jabara setelah berubah menjadi Jabariyah (dengan menambah Yaa’ nisbah) mengandung pengertian bahwa suatu kelompok atau suatu aliran (isme). Ditegaskan kembali dalam berbagai referensi yang dikemukakan oleh Asy-Syahratsan bahwa paham Al-Jabar berarti menghilangkan perbuatan manusia dalam arti sesungguhnya dan menyandarkannya kepada Allah, dengan kata lain, manusia mengerjakan perbuatannya dalam keadaan terpaksa. Dalam referensi Bahasa Inggris, Jabariyah disebut Fatalism atau Predestination. Yaitu paham yang menyebutkan bahwa perbuatan manusia telah ditentukan dari semula oleh qadha’ dan qadar Allah. Dapat Kita simpulkan bahwa aliran Jabariyah adalah aliran sekelompok orang yang memahami bahwa segala perbuatan yang mereka lakukan merupakan sebuah unsur keterpaksaan atas kehendak Tuhan dikarenakan telah ditentukan oleh qadha’ dan qadar Tuhan. Jabariah adalah pendapat yang tumbuh dalam masyarakat Islam yang melepaskan diri dari seluruh tanggungjawab. Maka Manusia itu disamakan dengan makluk lain yang sepi dan bebas dari tindakan yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan kata lain, manusia itu diibaratkan benda mati yang hanya bergerak dan digerakkan oleh Allah Pencipta, sesuai dengan apa yang diinginkan-Nya. Dalam soal ini manusia itu dianggap tidak lain melainkan bulu di udara dibawa angin menurut arah yang diinginkan-Nya. Maka manusia itu sunyi dan luput dari ikhtiar untuk memilih apa yang diinginkannya sendiri. 
Ahlu sunnah wal jama’ah
Pada peristiwa Saqifah, sangat alamiah bila ada kelompok-kelompok. Hal itu diperkuat dengan ketidaklayakan sikap orang yang terpilih sebagai khalifah. Setelah Rasulullah SAW. wafat, benih-benih perpecahan mulai tampak dan puncaknya terjadi saat Imam Ali kw. menjadi khalifah. Namun perpecahan tersebut hanya bersifat politik, sedang akidah mereka tetap satu yaitu akidah Islamiyah, meskipun saat itu benih-benih penyimpangan dalam akidah sudah mulai ditebarkan oleh Ibin Saba’, seorang yang dalam sejarah Islam dikenal sebagai pencetus faham Syiah (Rawafid). Tapi setelah para sahabat wafat, benih-benih perpecahan dalam akidah tersebut mulai membesar, sehingga timbullah faham-faham yang bermacam-macam yang menyimpang dari ajaran Rasulullah SAW. Saat itu muslimin terpecah dalam dua bagian, satu bagian dikenal sebagai golongan-golongan ahli bid’ah, atau kelompok-kelompok sempalan dalam Islam, seperti Mu’tazilah, Syiah (Rawafid), Khowarij dan lain-lain. Sedang bagian yang satu lagi adalah golongan terbesar, yaitu golongan orang-orang yang tetap berpegang teguh kepada apa-apa yang dikerjakan dan diyakini oleh Rasulullah SAW. bersama sahabat-sahabatnya.
Golongan yang terakhir inilah yang kemudian menamakan golongannya dan akidahnya Ahlus Sunnah Waljamaah. Jadi golongan Ahlus Sunnah Waljamaah adalah golongan yang mengikuti sunnah-sunnah nabi dan jamaatus shohabah. Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW : bahwa golongan yang selamat dan akan masuk surga (al-Firqah an Najiyah) adalah golongan yang mengikuti apa-apa yang aku (Rasulullah SAW) kerjakan bersama sahabat-sahabatku.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1. Identitas Mata Pelajaran
Nama Sekolah                      : SMA Merah Putih
Mata Pelajaran                      : Sejarah
Kelas/Semester                    : XI IPS/II
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 Menit
2. Standar Kompetensi 3   : Menganalisis sejarah dunia yang
                                              mempengaruhi sejarah Bangsa Indonesia dari
                                           abad ke-18 sampai dengan abad ke-20
3. Kompetensi Dasar 3.2 : Menganalisis pengaruh revolusi industri di
                                            Eropa terhadap perubahan sosial, ekonomi,
                                            dan politik di Indonesia
4. Indikator Pencapaian Proses :
·        Mendeskripsikan pengertian Revolusi Industri dan latar belakang Revolusi Industri di Inggris pada abad 18
·        Menyebutkan penemuan baru di bidang teknologi pada masa Revolusi Industri
·        Menjelaskan dampak serta akibat Revolusi Industri di bidang ekonomi, sosial, politik
·         Menjelaskan paham merkantilisme, kapitalisme, kolonialisme yang menyebar ke seluruh dunia
·        Menganalisis pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap perubahan dari segi sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

5. Tujuan Pembelajaran          :
·        Siswa akan dapat mendeskripsikan pengertian Revolusi Industri dan latar belakang Revolusi Industri di Inggris pada abad ke-18
·        Siswa akan dapat menyebutkan penemuan baru di bidang teknologi pada masa Revolusi Industri  maksimal 3 dengan benar
·        Siswa akan dapat menjelaskan dampak serta akibat  Revolusi Industri di bidang ekonomi, sosial, politik
·        Siswa akan dapat menjelaskan paham merkantilisme, kapitalisme, kolonialisme yang menyebar ke seluruh dunia
·        Siswa akan dapat menganalisis pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap perubahan dari segi sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

6. Materi Ajar               :

Pengertian Revolusi Industri dan Latar Belakang Revolusi Industri

          Pengertian revolusi industri mengacu pada dua hal. Pertama, adalah perubahan cepat dalam teknologi pembuatan barang-barang. Kedua, adalah perubahan dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat dunia. Pada pengertian pertama dapat dikatakan bahwa revolusi industri telah merubah proses dan cara kerja manusia dalam menghasilkan suatu barang. Sebelumnya pembuatan barang-barang dilakukan secara manual dengan hanya menggunakan tangan dan kaki manusia, sedangkan pasca revolusi industri pembuatan barang-barang menggunakan bantuan alat-alat mekanik dan otomatis. Pembuatan barang-barang yang pada awalnya hanya mengandalkan kecepatan tangan dan kaki mengalami perubahan pasca revolusi industri. Tenaga manusianya sedikit diperlukan karena proses pengerjaan lebih banyak dilakukan oleh alat-alat yang bekerja secara otomatis dan digerakkan oleh tenaga mesin. Hasilnya pun akan sangat berbeda. Secara manual hanya dihasilkan barang dalam jumlah sedikit dan lama, sedangkan dengan bantuan mesin, barangbarang yang dihasilkan pun akan lebih banyak dan prosesnya cepat. Pengertian kedua yaitu perubahan dalam bidang sosial dan ekonomi berkaitan dengan terjadinya perubahan yang besar dan cepat dari pola ekonomi agraris menjadi pola ekonomi industri.
          Revolusi Industri merupakan periode antara tahun 1750-1850 di mana terjadinya perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi serta memiliki dampak yang mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di dunia. Revolusi Industri dimulai dari Britania Raya dan kemudian menyebar ke seluruh Eropa Barat, Amerika Utara, Jepang, dan akhirnya ke seluruh dunia.
          Revolusi Industri menandai terjadinya titik balik besar dalam sejarah dunia, hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari dipengaruhi oleh Revolusi Industri, khususnya dalam hal peningkatan pertumbuhan penduduk dan pendapatan rata-rata yang berkelanjutan dan belum pernah terjadi sebelumnya. Selama dua abad setelah Revolusi Industri, rata-rata pendapatan perkapita negara-negara di dunia meningkat lebih dari enam kali lipat. Seperti yang dinyatakan oleh pemenang Hadiah Nobel, Robert Emerson Lucas, bahwa: "Untuk pertama kalinya dalam sejarah, standar hidup rakyat biasa mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan. Perilaku ekonomi yang seperti ini tidak pernah terjadi sebelumnya".
          Inggris memberikan landasan hukum dan budaya yang memungkinkan para pengusaha untuk merintis terjadinya Revolusi Industri. Faktor kunci yang turut mendukung terjadinya Revolusi Industri antara lain: (1) Masa perdamaian dan stabilitas yang diikuti dengan penyatuan Inggris dan Skotlandia, (2) tidak ada hambatan dalam perdagangan antara Inggris dan Skotlandia, (3) aturan hukum (menghormati kesucian kontrak), (4) sistem hukum yang sederhana yang memungkinkan pembentukan saham gabungan perusahaan (korporasi), dan (4) adanya pasar bebas (kapitalisme).
          Revolusi Industri dimulai pada akhir abad ke-18, dimana terjadinya peralihan dalam penggunaan tenaga kerja di Inggris yang sebelumnya menggunakan tenaga hewan dan manusia digantikan oleh penggunaan mesin yang berbasis menufaktur. Periode awal dimulai dengan dilakukannya mekanisasi terhadap industri tekstil, pengembangan teknik pembuatan besi dan peningkatan penggunaan batubara. Ekspansi perdagangan turut dikembangkan dengan dibangunnya terusan, perbaikan jalan raya dan rel kereta api. Adanya peralihan dari perekonomian yang berbasis pertanian ke perekonomian yang berbasis manufaktur menyebabkan terjadinya perpindahan penduduk besar-besaran dari desa ke kota, dan pada akhirnya menyebabkan membengkaknya populasi di kota-kota besar di Inggris.
          Awal mula Revolusi Industri tidak jelas tetapi T.S. Ashton menulisnya kira-kira 1760-1830. Tidak ada titik pemisah dengan Revolusi Industri II pada sekitar tahun 1850, ketika kemajuan teknologi dan ekonomi mendapatkan momentum dengan perkembangan kapal tenaga-uap, rel, dan kemudian di akhir abad tersebut perkembangan mesin bakar dalam dan perkembangan pembangkit tenaga listrik
          Faktor yang melatarbelakangi terjadinya Revolusi Industri adalah terjadinya revolusi ilmu pengetahuan pada abad ke 16 dengan munculnya para ilmuwan seperti Francis Bacon, Rene Decartes, Galileo Galilei serta adanya pengembangan riset dan penelitian dengan pendirian lembaga riset seperti The Royal Improving Knowledge, The Royal Society of England, dan The French Academy of Science. Adapula faktor dari dalam seperti ketahanan politik dalam negeri, perkembangan kegiatan wiraswasta, jajahan Inggris yang luas dan kaya akan sumber daya alam.
          Istilah "Revolusi Industri" sendiri diperkenalkan oleh Friedrich Engels dan Louis-Auguste Blanqui di pertengahan abad ke-19. Beberapa sejarawan abad ke-20 seperti John Clapham dan Nicholas Crafts berpendapat bahwa proses perubahan ekonomi dan sosial yang terjadi secara bertahap dan revolusi jangka panjang adalah sebuah ironi. Pendapatan domestik bruto (PDB) per kapita negara-negara di dunia meningkat setelah Revolusi Industri dan memunculkan sistem ekonomi kapitalis modern. Revolusi Industri menandai dimulainya era pertumbuhan pendapatan per kapita dan pertumbuhan ekonomi kapitalis. Revolusi Industri dianggap sebagai peristiwa paling penting yang pernah terjadi dalam sejarah kemanusiaan sejak domestikasi hewan dan tumbuhan pada masa Neolitikum.
          Penemuan baru di bidang teknologi yang dapat memudahkan cara kerja dan meningkatkan produksi, misalnya penemu alat pemintal, mesin jahit, mesin cetak, dan mesin uap. Penemuan teknologi baru berperan besar dalam proses industrialisasi sebab teknologi baru dapat mempermudah dan mempercepat kerja industri, melipatgandakan hasil, dan menghemat biaya. Beberapa penemuan penting yang mendukung kelahiran Revolusi Industri, antara lain sebagai berikut.
a)   Alat Pemintal
     Alat pemintal benang (spining jenney) merupakan ciptaan James Hargreaves pada tahun 1762. Alat itu digunakan untuk membuka perusahaan pemintalan.
b)   Mesin Tenun
     Mesin tenun yang dapat bekarja otomatis merupakan ciptaan Richard Arkwrigt dan John Kay pada tahun 1768 kemudian disempurnakan oleh Edmun Cartwright (1785). Alat itu melipat gandakan hasil tenunan.
c)    Mesin Jahit
     Mesin jahit merupakan ciptaan Issaac Merrit Singer dan Company (1815). Pada tahun 1860 industri mesin jahit Singer sudah merajai dunia sehingga banyak berdiri industri pakaian jadi. Mesin pemintal, mesin tenun, dan mesin jahit merupakan satu kesatuan yang penting dalam industry tekstil. Oleh karena itu, Inggris berkembang menjadi industri tekstil yang terkemuka.
d)   Mesin Tulis
     Mesin tulis merupakan ciptaan Christopher dari Amerika Serikat (1866) yang kemudian mendirikan pabrik Remington. Industri itu berpengaruh

DAMPAK BERKEMBANGNYA REVOLUSI INDUSTRI
Revolusi industri yang dimulai di Inggris kemudian menyebar ke hampir seluruh Negara Eropa lainnya dan juga sampai ke Amerika Utara. Revolusi industri ini pada akhirnya mempengaruhi lahirnya perubahan-perubahan yang cepat dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat. Perubahan-perubahan tersebut pada akhirnya menimbulkan dampak-dampak sebagai berikut.
1. Perubahan sistem perekonomian
Berlangsungnya revolusi industri, memicu pula terjadinya revolusi dalam sistem perekonomian. Sebelum terjadinya revolusi industri, sebagian besar negara lebih banyak menggantungkan perekonomian pada sektor pertanian. Perdagangan yang dilakukan masih sangat terbatas dan dalam skala yang masih kecil. Industri-industri yang berkembang di negara-negara Eropa umumnya masih bersifat industri rumahan yang hanya menghasilkan barang dalam jumlah terbatas dan waktu penyelesaian yang cukup lama. Daerah pemasaran pun masih terbatas dan barang yang dihasilkan hanya didasarkan pada pemesanan saja. Kondisi tersebut berubah dengan cepat setelah terjadinya revolusi industri.
Meskipun modal yang harus disediakan cukup besar untuk penggunaan mesinmesin baru dan pabrik-pabrik bila dibandingkan dengan alat-alat sederhana dari masa sebelumnya, akan tetapi produksi barang secara besar-besaran akan memberikan kemungkinan untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan dan bahkan mampu meningkatkan keuntungan. Berkembanglah industri-industri yang pada akhirnya menarik minat sebagian besar penduduk untuk beralih profesi menjadi buruh pabrik. Perpindahan profesi tersebut terutama dilakukan oleh para petani penggarap yang tidak memiliki tanah. Perubahan profesi ini, mereka lakukan dengan harapan untuk dapat meningkatkan derajat kehidupan mereka.
Sejalan dengan revolusi industri, organisasi-organisasi perdagangan yang telah terbentuk sebelumnya seperti EIC, VOC, dan sebagainya mengalami perkembangan. Pada awalnya perusahaan-perusahaan dagang tersebut merupakan persero dengan tanggung jawab tidak terbatas. Revolusi industri memberikan pengaruh terbentuknya perusahaan-perusahaan dagang tersebut menjadi perusahaan dengan modal bersama yang tentu saja dengan tanggung jawab terbatas. Pada perkembangan selanjutnya, perusahaan-perusahaan ini akan melahirkan model Trust dan monopoli perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan semacam inilah yang pada akhirnya dapat membangun usaha raksasa yang menjangkau daerah yang sangat luas di dunia, sehingga membentuk jaringan seperti sistem gurita.
Pasca revolusi industri menyebabkan Inggris muncul menjadi negara industry terkuat di dunia. Hal ini kemudian diikuti oleh negara-negara lainnya sehingga lahir apa yang disebut dengan empat besar sebagai negara yang terkuat di dunia dalam bidang ekonomi dan industri, bahkan di dunia politik. Negaranegara tersebut adalah Inggris, Perancis, Jerman, dan Amerika Serikat. Munculnya kekuatan semacam ini seakan-akan membentuk pola ekonomi yang memperlihatkan hubungan pembagian kerja antara negara-negara industri kuat dengan negara di bawahnya. Negara-negara industri tersebut menjadi daerah penghasil utama barang-barang hasil industri, sedangkan negara lainnya menjadi daerah pemasaran barang-barang hasil industri tersebut. Oleh karena itu, terjadi kesenjangan perekonomian, sebab nilai perekonomian lebih banyak dikuasai oleh negara-negara industri tersebut. Hal ini dapat terlihat dari table berikut:
2. Perubahan sistem sosial kemasyarakatan
Pada fase awal terjadinya revolusi industri timbul gejolak-gejolak dalam kehidupan masyarakat. Dibukanya industri-industri menimbulkan minat dari masyarakat untuk mengalihkan mata pencahariannya dari bidang pertanian menjadi pekerja industri. Kondisi ini memicu arus urbanisasi yang cukup tinggi di Inggris, sehingga rakyat dari pedesaan berbondong-bondong pindah ke perkotaan untuk menjadi pekerja di sektor-sektor industri yang berada di perkotaan.
Tidak semua para urban tersebut berhasil ditampung di industri-industri. Banyak di antara mereka yang akhirnya menjadi pengangguran di perkotaan, sebab mereka tidak mau kembali ke desa asalnya dan tetap bertahan di kota dengan harapan suatu saat akan mendapatkan pekerjaan di sektor-sektor industri tersebut. Banyaknya para pengangguran di perkotaan memicu tingginya angka kriminalitas. Hal ini disebabkan mereka tetap memerlukan biaya untuk menunjang kebutuhan hidupnya, sementara kondisi mereka tidak memiliki penghasilan karena tidak punya pekerjaan. Pada akhirnya mereka tidak segan-segan untuk berbuat kriminal dengan cara mencuri, menodong, dan merampas untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sementara itu, bagi mereka yang sudah mendapatkan pekerjaan di sektorsektor industri, kehidupannya tidak menjadi lebih baik. Kaum kapitalis seringkali menekan para pekerjanya dengan beban kerja yang tinggi demi tercapainya hasil produksi yang tinggi yang akan mendatangkan keuntungan yang lebih banyak. Hal ini tidak diimbangi dengan pemenuhan hak-hak pekerja yang memadai, upah yang sangat rendah, serta tidak diberikannya jaminan kesehatan, perumahan, pendidikan dan kesejahteraan keluarga para buruh. Pada akhirnya, hal ini akan mendorong terciptanya perkampungan-perkampungan kumuh di perkotaan yang disebabkan ketidakmampuan para buruh untuk membangun rumah tinggal yang lebih layak.
Kondisi seperti ini juga memicu hadirnya pekerja dari komunitas wanita dan anak-anak. Upah minim yang diterima oleh para buruh menyebabkan mereka harus mencari penghasilan tambahan guna menutupi biaya hidup. Oleh karena itu, wanita dan anak-anak yang di bawah umur pun turut terjun dalam dunia industri tersebut. Hal ini menimbulkan permasalahan-permasalahan manakala tidak dipenuhinya hak-hak mereka, terutama hak-hak dalam kondisi-kondisi khusus seperti hak bagi wanita hamil ataupun pembedaan waktu kerja bagi pekerja anak-anak.

Akibat Revolusi Industri
Revolusi Industri mengubah Inggris menjadi negara industri yang maju dan modern. Di Inggris muncul pusat-pusat industri, seperti Lancashire, Manchester, Liverpool, dan Birmingham. Seperti halnya revolusi yang lain, Revolusi Industri juga membawa akibat yang lebih luas dalam bidang ekonomi, sosial dan politik, baik di negeri Inggris sendiri maupun di negara-negara lain.
Akibat di bidang ekonomi
  • Barang melimpah dan harga murah
Revolusi Industri telah menimbulkan usaha industri dan pabrik secara besar-besaran dengan proses mekanisasi. Dengan demikian, dalam waktu singkat dapat menghasilkan barang-barang yang melimpah. Produk barang menjadi berlipat ganda sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang lebih luas. Akibat pembuatan barang menjadi cepat, mudah, serta dalam jumlah yang banyak sehingga harga menjadi lebih murah.
  • Perusahaan Kecil Gulung Tikar
Dengan penggunaan mesin-mesin maka biaya produksi menjadi relatif kecil sehingga harga barang-barang pun relatif lebih murah. Hal ini membawa akibat perusahaan tradisional terancam dan gulung tikar karena tidak mampu bersaing.
  • Perdagangan makin Berkembang
Berkat peralatan perhubungan yang modern, cepat dan murah, produksi lokal berubah menjadi produksi internasional. Pelayaran dan perdagangan internasional makin berkembang pesat.
  • Transportasi makin Lancar
Adanya penemuan di berbagai sarana dan prasarana transportasi makin sempurna dan lancar. Dengan demikian, dinamika kehidupan masyarakat makin meningkat.
Akibat di bidang sosial
  • Berkembangnya urbanisasi
Berkembangnya industrialisasi telah menimbulkan kota-kota dan pusat-pusat keramaian yang baru. Oleh karena kota dengan kegiatan industrinya tampaknya menjanjikan kehidupan yang lebih layak maka banyak petani desa pergi ke kota untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini mengakibatkan terabaikannya usaha kegiatan pertanian.
  • Upah buruh rendah
Akibat makin meningkatnya arus urbanisasi ke kota-kota industri maka jumlah tenaga makin melimpah. Sementara itu, pabrik-pabrik banyak yang menggunakan tenaga mesin. Dengan demikian, upah tenaga kerja menjadi murah. Selain itu, jaminan sosial pun kurang sehingga kehidupan mereka menjadi susah. Bahkan, para pengusaha banyak memilih tenaga buruh wanita dan anak-anak yang upahnya lebih murah.
  • Munculnya golongan pengusaha dan golongan buruh
Di dalam kegiatan industrialisasi dikenal adanya kelompok pekerja (buruh) dan kelompok pengusaha (majikan) yang memiliki industri atau pabrik. Dengan demikian, dalam masyarakat timbul golongan baru, yakni golongan pengusaha (kaum kapitalis) yang hidup penuh kemewahan dan golongan buruh yang hidup dalam kemiskinan.
  • Adanya kesenjangan antara majikan dan buruh
Dengan munculnya golongan pengusaha yang hidup mewah dan satu pihak, sedangkan di pihak lain adanya golongan buruh yang hidup menderita, menimbulkan kesenjangan antara majikan dan buruh. Kondisi seperti ini, sering menimbulkan ketegangan-ketegangan yang diikuti dengan pemogokan kerja untuk menuntut perbaikan nasib. Hal ini menimbulkan kebencian terhadap sistem ekonomi kapitalis, sehingga kaum buruh condong kepada paham sosialis.
  • Munculnya revolusi sosial
Pada tahun 1820-an terjadi huru hara yang ditimbulkan oleh penduduk kota yang miskin dengan didukung oleh kaum buruh. Gerakan sosial ini menuntut adanya perbaikan nasib rakyat dan buruh. Akibatnya, pemerintah mengeluarkan undang-undang yang menjamin perbaikan nasib kaum buruh dan orang miskin. Undang-undang tersebut, antara lain sebagai berikut:
·        Tahun 1832 dikeluarkan Reform Bill atau Undang-Undang Pembaharuan Pemilihan. Menurut undang-undang ini, kaum buruh mendapatkan hak-hak perwakilan dalam parlemen.
·        Tahun 1833 dikeluarkan Factory Act atau Undang-Undang Pabrik. Menurut undang-undang ini, kaum buruh mendapatkan jaminan sosial. Di samping itu, undang-undang juga berisi larangan pengunaan tenaga kerja kanak-kanak dan wanita di daerah tambang di bawah tanah.
·        Tahun 1834 dikeluarkan Poor Law Act atau Undang-Undang Fakir Miskin. Oleh karena itu, didirikan pusat-pusat penampungan dan perawatan para fakir miskin sehingga tidak berkeliaran.
·        Makin kuatnya sifat individualisme dan menipisnya rasa solidaritas. Dengan adanya Revolusi Industri sifat individualitas makin kuat karena terpengaruh oleh sistem ekonomi industri yang serba uang. Sebaliknya, makin menipisnya rasa solidaritas dan kekeluargaan.
Akibat di bidang politik
  • Munculnya gerakan sosialis
Kaum buruh yang diperlakukan tidak adil oleh kaum pengusaha mulai bergerak menyusun kekuatan untuk memperbaiki nasib mereka. Mereka kemudian membentuk organisasi yang lazim disebut gerakan sosialis. Gerakan sosialis dimotivasi oleh pemikiran Thomas Marus yang menulis buku Otopia. Tokoh yang paling populer di dalam pemikiran dan penggerak paham sosialis adalah Karl Marx dengan bukunya Das Kapital.
  • Munculnya partai politik
Dalam upaya memperjuangkan nasibnya maka kaum buruh terus menggalang persatuan. Apalagi dengan makin kuatnya kedudukan kaum buruh di parlemen mendorong dibentuknya suatu wadah perjuangan politik, yakni Labour Party (Partai Buruh). Partai ini berhaluan sosialis. Di pihak pengusaha mengabungkan diri ke dalam Partai Liberal.
  • Munculnya imperialisme modern
Kaum pengusaha/kapitalis umumnya mempunyai pengaruh yang kuat dalam pemerintahan untuk melakukan imperialisme demi kelangsungan industrialisasinya. Dengan demikian, lahirlah imperialisme modern, yaitu perluasan daerah-daerah sebagai tempat pemasaran hasil industri, mencari bahan mentah, penanaman modal yang surplus, dan tempat mendapatkan tenaga buruh yang murah. Dalam hal ini Inggris-lah yang menjadi pelopornya.
Lahirnya paham-paham baru
Berkembangnya revolusi industri mendorong lahirnya paham-paham baru, yaitu sebagai berikut:
a. Merkantilisme

Istilah Merkantilisme diambil dari kata ”Mercari” yang artinya berjual beli. Merkantilisme adalah sebuah sistem ekonomi di mana negara memiliki wewenang yang besar, atau disebut juga sebagai sistem ekonomi proteksi. Kemakmuran diperoleh dari perdagangan luar negeri. Ideologi ini sangat kuat pengaruhnya, sehingga pada abad ke-18 berkembang menjadi politik ekonomi di negara-negara Eropa Barat. Tujuan dari merkantilisme adalah untuk melindungi perkembangan industri perdagangan dan melindungi kekayaan negara yang ada di masing-masing negara.

Negara atau pemerintah memperoleh kekayaan sebanyak-banyaknya untuk membiayai negara; negara atau pemerintah merupakan satu-satunya penguasa ekonomi. Cara yang digunakan dalam rangka memperkaya Negara adalah dengan penumpukan kekayaan yang berupa logam mulia yaitu emas dan perak. Negara yang banyak memiliki timbunan logam mulia dalam jumlah yang besar merupakan negeri yang kaya, dan mempunyai kemampuan untuk mengembangkan kekuatannya sehingga dapat memperkuat armada perangnya.

Demikian pula negara yang kaya, akan mengalami kemajuan dalam perdagangan dan usaha produksi lainnya. Hasil produksi ekspor ditingkatkan, sebaliknya barang impor dibatasi dan dikenakan biaya yang tinggi. Daerah jajahan dipaksa untuk menghasilkan bahan mentah untuk keperluan industri dan dipaksa untuk membeli hasil industri negara induk, atau daerah jajahan juga dijadikan sebagai daerah pemasaran setelah bahan mentahnya diambil.

Di India, Inggris memaksa penduduk menanam kapas dan di Amerika mereka melarang penduduk koloni mengimpor barang-barang kecuali dari Inggris. Di Inggris, politik merkantilisme diberlakukan pada masa Raja Henry VIII dan di Prancis pada masa Perdana Menteri Colbert.

b. Kapitalisme
Kapitalisme adalah paham yang berpendapat bahwa untuk meningkatkan perekonomian, perlu dibangun sektor-sektor industri yang ditunjang dengan modal yang besar. Penguasaan sektor industri tersebut perlu juga didukung dengan ketersediaan sumber bahan baku dan daerah pemasaran yang luas. Aliran ini berkembang setelah terjadinya revolusi industri dan mencapai puncaknya pada abad ke-19. Para kapitalis ini pada akhirnya mendorong perkembangan ekonomi nasional, sehingga dengan cepat Eropa mencapai taraf perekonomian yang sangat tinggi bila dibandingkan dengan negara-negara lainnya di dunia. Ketika bangsabangsa lainnya sedang berada dalam cengkeraman kolonialisme, Eropa pada saat yang sama sedang menikmati kemakmuran yang dihasilkan oleh industrialisasi.
Selain itu, dalam sistem perekonomian, lahirnya golongan kapitalis ini telah mendorong semakin berkembangnya aliran ekonomi liberal. Para kapitalis menuntut agar pemerintah tidak ikut campur tangan terlalu besar dalam kehidupan perekonomian. Perekonomian sepenuhnya diserahkan pada pasar, sehingga akan menggantungkan pada sistem penawaran dan permintaan. Dengan demikian, perekonomian akan dikendalikan oleh golongan-golongan kapitalis tersebut.
c. Kolonialisme
Sejarah perkembangan kolonialisme bermula ketika Vasco da Gama dari Portugis berlayar ke india pada tahun 1498. Di awali dengan pencarian jalan ke Timur untuk mencari sumber rempah-rempah perlombaan mencari tanah jajahan dimulai. Kuasa Barat Portugis dan Spanyol kemudian diikuti Inggris dan Belanda berlomba-lomba mencari daerah penghasil rempah-rempah dan berusaha mengusainya. Penguasaan wilayah yang awalnya untuk kepentingan ekonomi akhirnya beralih menjadi penguasaan atau penjajahan politik yaitu campur tangan untuk menyelesaikan pertikaian, perang saudara, dan sebagainya. Ini karena kuasa kolonial tersebut ingin menjaga kepentingan perdagangan mereka daripada pergolakan politik lokal yang bisa mengganggu kelancaran perdagangan mereka.
Kolonialisme berkembang pesat setelah perang dunia I. Sejarah kolonialisme Eropa dibagi dalam tiga peringkat. Pertama dari abad 15 hingga Revolusi industry (1763) yang memperlihatkan kemunculan kuasa Eropa seperti Spanyol dan Portugis. Kedua, setelah Revolusi Industri hingga tahun 1870-an. Ketiga, dari tahun 1870-an hingga tahun 1914 ketika meletusnya Perang Dunia I yang merupakan puncak pertikaian kuasa-kuasa imperialis

Pengaruh Revolusi Industri terhadap perubahan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
          Revolusi Industri yang terjadi di Eropa dan di Inggris khususnya membawa dampak di bidang sosial, ekonomi, dan politik. Di bidang sosial munculnya golongan buruh yang hidup menderita dan berusaha berjuang untuk memperbaiki nasib. Gerakan kaum buruh inilah yang kemudian melahirkan gerakan sosialis yang menjadi lawan dari Kapitalis. Bahkan, kaum buruh akhirnya bersatu dalam suatu wadah organisasi, yakni Partai Buruh. Di bidang ekonomi, perdagangan makin berkembang. Perdagangan lokal berubah menjadi perdagangan regional dan internasional. Sebaliknya, di bidang politik, Revolusi Industri melahirkan imperialisme modern.
Perubahan di bidang politik
          Sejak VOC dibubarkan pada tahun 1799, Indonesia diserahkan kembali kepada pemerintahan Kerajaan Belanda. Pindahnya kekuasaan pemerintahan dari VOC ke tangan pemerintah Belanda tidak berarti dengan sendirinya membawa perbaikan. Kemerosotan moral di kalangan para penguasa dan penderitaan penduduk jajahan tidak berubah. Usaha perbaikan bagi penduduk tanah jajahan tidak dapat dilaksanakan karena Negeri Belanda sendiri terseret dalam perang dengan negara-negara besar tetangganya. Hal ini terjadi karena Negeri Belanda pada waktu itu diperintah oleh pemerintah boneka dari Kemaharajaan Prancis di bawah pimpinan Napoleon Bonaparte. Dalam situasi yang demikian, Inggris dapat memperluas daerah kekuasaannya dengan merebut jajahan Belanda, yaitu Indonesia.
1.   Hindia Belanda di bawah Daendels (1808–1811)
Dalam usaha mengadakan pembaharuan pemerintahan di tanah jajahan, di Negeri Belanda ada dua golongan yang mengusulkannya.
  • Golongan Konservatif dengan tokohnya Nenenberg yang menginginkan untuk mempertahankan sistem politik dan ekonomi seperti yang dilakukan oleh VOC.
  • Golongan Liberal dengan tokohnya Dirk van Hogendorp yang menghendaki agar pemerintah Hindia Belanda menjalankan sistem pemerintahan langsung dan menggunakan sistem pajak. Sistem penyerahan paksa yang dilakukan oleh VOC agar digantikan dengan sistem penyerahan pajak.
          Di satu pihak pemerintah condong kepada pemikiran kaum Konservatif karena kebijaksanaannya akan mendatangkan keuntungan yang cepat dan mudah dilaksanakan. Di pihak lain, pemerintah juga ingin menjalankan pembaharuan yang dikemukakan oleh kaum Liberal. Gagasan pembaharuan pemerintahan kolonial dimulai semenjak pemerintahan Daendels. Sebagai gubernur jenderal pemerintahan Belanda di Indonesia, Daendels banyak melakukan langkah-langkah baru dalam pemerintahan. Daendels mengadakan perombakan pemerintahan secara radikal, yakni meletakkan dasar-dasar pemerintahan menurut sistem Barat. Langkah- langkah tersebut, antara lain:
  • Pemerintahan kolonial di pusatkan di Batavia dan berada di tangan gubernur jenderal.
  • Pulau Jawa dibagi menjadi sembilan prefectur. Hal ini untuk mempermudah administrasi pemerintahan.
  • Para bupati dijadikan pegawai pemerintah Belanda di bawah pemerintahan prefect.
  • Mengadakan pemberantasan korupsi dan penyelewengan dalam pungutan (contingenten) dan kerja paksa.
  • Kasultanan Banten dan Cirebon dijadikan daerah pemerintah Belanda yang disebut pemerintah gubernemen.
  • Berbagai upacara di istana Surakarta dan Yogyakarta disederhanakan.
          Pada awal pemerintahannya, Daendels menentang sistem kerja paksa dan merombak sistem feodal. Akan tetapi, tugas untuk mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris menyebabkan Daendels terpaksa harus mengadakan penyerahan kerja paksa secara besar-besaran (dengan menggunakan pengaruh penguasa pribumi) untuk membangun jalanjalan dan benteng-benteng pertahanan. Demikian juga karena kas negara kosong menyebabkan juga ditempuh cara-cara lama untuk mengisi kas negara. Dengan demikian, kehidupan rakyat pribumi tetap menderita. Ketika akhirnya Inggris menyerbu Pulau Jawa, Daendels sudah dipanggil kembali ke Eropa. Penggantinya tidak mampu menahan serangan Inggris dan terpaksa menyerah. Dengan demikian, Indonesia berada di bawah kekuasaan Inggris.
1.   Masa pemerintahan Raffles (1811–1816)
Setelah Indonesia (khususnya Pulau Jawa) jatuh ke tangan Inggris, oleh pemerintah Inggris dijadikan bagian dari jajahannya di India. Gubernur Jenderal East India Company (EIC), Lord Minto yang berkedudukan di Calcuta (India) kemudian mengangkat Thomas Stamford Raffles sebagai letnan gubernur (wakil gubernur) untuk Indonesia (Jawa). Raffles didampingi oleh suatu badan panasihat yang disebut Advisory Council. Tugas yang utama adalah mengatur pemerintahan dan meningkatkan perdagangan, serta keuangan. Sebagai seorang yang beraliran liberal, Raffles menginginkan adanya perubahanperubahan dalam pemerintahan di Indonesia (Jawa). Selain bidang pemerintahan, ia juga dilakukan perubahan di bidang ekonomi. Ia hendak melaksanakan kebijaksaaan ekonomi yang didasarkan kepada dasardasar kebebasan sesuai dengan ajaran liberal. Langkah-langkah yang diambil oleh Raffles dalam bidang pemerintahan dan ekonomi adalah sebagai berikut.
  • Mengadakan penggantian sistem pemerintahan yang semula dilakukan oleh penguasa pribumi dengan sistem pemerintahan kolonial ala Barat. Untuk memudahkan sistem administrasi pemerintahan, Pulau Jawa dibagi menjadi delapan belas karesidenan.
  • Para bupati dijadikan pegawai pemerintah sehingga mereka mendapat gaji dan bukan lagi memiliki tanah dengan segala hasilnya. Dengan demikian, mereka bukan lagi sebagai penguasa daerah, melainkan sebagai pegawai yang menjalankan tugas atas perintah dari atasannya.
  • Menghapus segala bentuk penyerahan wajib dan kerja paksa atau rodi. Rakyat diberi kebebasan untuk menanam tanaman yang dianggap menguntungkan.
  • Raffles menganggap bahwa pemerintah kolonial adalah pemilik semua tanah yang ada di daerah tanah jajahan. Oleh karena itu, Raffles menganggap para penggarap sawah adalah penyewa tanah pemerintah.
Oleh karena itu, para petani mempunyai kewajiban membayar sewa tanah kepada pemerintah. Sewa tanah atau landrente ini harus diserahkan sebagai suatu pajak atas pemakaian tanah pemerintah oleh penduduk. Sistem sewa tanah smacam itu oleh pemerintah Inggris dijadikan pegangan dalam menjalankan kebijaksanaan ekonominya selama berkuasa di Indonesia. Sistem ini kemudian juga diteruskan oleh pemerintah Hindia Belanda setelah Indonesia diserahkan kembali kepada Belanda.
Perubahan di Bidang Sosial Ekonomi
          Sejak awal abad ke-19, pemerintah Belanda mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk membiayai peperangan baik di Negeri Belanda sendiri (pemberontakan rakyat Belgia), maupun di Indonesia (terutama perlawanan Diponegoro) sehingga Negeri Belanda harus menanggung hutang yang sangat besar. Untuk menyelamatkan Negeri Belanda dari bahaya kebrangkrutan maka Johanes van den Bosch diangkat sebagai gubernur jenderal di Indonesia dengan tugas pokok menggali dana semaksimal mungkin untuk mengisi kekosongan kas negara, membayar hutang, dan membiayai perang. Untuk melaksanakan tugas berat itu, van den Bosch memusatkan kebijaksanaannya pada peningkatan produksi tanaman ekspor. Untuka itu, yang perlu dilakukan ialah mengerahkan tenaga rakyat tanah jajahan untuk melakukan penanaman tanaman yang hasilhasilnya. dapat laku di pasaran dunia dan dilakukan dengan sistem paksa. Setelah tiba di Indonesia (1830) van den Bosch menyusun program kerja sebagai berikut.
  • Sistem sewa tanah dengan uang harus dihapus karena pemasukannya tidak banyak dan pelaksanaannya sulit.
  • Sistem tanam bebas harus diganti dengan tanam wajib dengan jenis-jenis tanaman yang sudah ditentukan oleh pemerintah.
  • Pajak atas tanah harus dibayar dengan penyerahan sebagian dari hasil tanamannya kepada pemerintah Belanda.
          Apa yang dilakukan oleh van den Bosch itulah yang kemudian dikenal dengan nama sistem tanam paksa atau cultuur stelsel. Sistem tanam paksa yang diajukan oleh van den Bosch pada dasarnya merupakan gabungan dari sistem tanam wajib ( VOC ) dan sistem pajak tanah (Raffles ). Pelaksanaan sistem tanam paksa banyak menyimpang dari aturan pokoknya dan cenderung untuk mengadakan eskploitasi agraris semaksimal mungkin. Oleh karena itu, sistem tanam paksa menimbulkan akibat sebagai berikut.
Akibat Tanam Paksa Bagi Indonesia (Khususnya Jawa) 
1) Sawah ladang menjadi terbengkelai karena diwajibkan kerja rodi yang berkepanjangan sehingga penghasilan menurun drastis.
2) Beban rakyat semakin berat karena harus menyerahkan sebagian tanah dan hasil panennya, membayar pajak, mengikuti kerja rodi, dan menanggung risiko apabila gagal panen.
3) Akibat bermacam-macam beban menimbulkan tekanan fisik dan mental yang berkepanjangan.
4) Timbulnya bahaya kemiskinan yang makin berat.
5) Timbulnya bahaya kelaparan dan wabah penyakit di mana-mana sehingga angka kematian meningkat drastis.
          Bahaya kelaparan menimbulkan korban jiwa yang sangat mengerikan di daerah Cirebon (1843), Demak (1849) dan Grobogan (1850). Kejadian ini mengakibatkan jumlah penduduk menurun drastis. Penyakit busung lapar (hongorudim) juga berkembang di mana-mana.
Akibat Tanam Paksa Bagi Belanda
Apabila sistem tanam paksa telah menimbulkan malapetaka bagi bangsa Indonesia, sebaliknya bagi bangsa Belanda berdampak sebagai berikut.
1) Mendatangkan keuntungan dan kemakmuran rakyat Belanda.
2) Hutang-hutang Belanda dapat terlunasi.
3) Penerimaan pendapatan melebihi anggaran belanja.
4) Kas Negeri Belanda yang semula kosong, dapat terpenuhi.
5) Berhasil membangun Amsterdam menjadi kota pusat perdagangandunia.
6) Perdagangan berkembang pesat.
          Sistem tanam paksa yang mengakibatkan kemelaratan bagi bangsa Indonesia, khusunya Jawa, menimbulkan reaksi dari berbagai pihak, seperti golongan pengusaha, Baron Van Hoevel, dan Edward Douwes Dekker. Akibat adanya reaksi tersebut, pemerintah Belanda secara berangsur-angsur menghapuskan sistem tanam paksa. Sesudah tahun 1850, kaum Liberal memperoleh kemenangan politik di Negeri Belanda. Mereka juga ingin menerapkan asas-asas liberalisme di tanah jajahan. Dalam hal ini kaum Liberal berpendapat bahwa pemerintah semestinya tidak ikut campur tangan dalam masalah ekonomi, tugas ekonomi haruslah diserahkan kepada orang-orang swasta, dan agar kaum swasta dapat menjalankan tugasnya maka harus diberi kebebasan berusaha. Sesuai dengan tuntutan kaum Liberal maka pemerintah kolonial segera memberikan peluang kepada usaha dan modal swasta untuk menanamkan modal mereka dalam berbagai usaha di Indonesia, terutama perkebunan-pekebunan di Jawa dan di luar Jawa. Selama periode tahun 1870–1900 Indonesia terbuka bagi modal swasta Barat. Oleh karena itu masa ini sering disebut zaman Liberal. Selama masa ini kaum swasta Barat membuka perkebunan-perkebunan seperti, kopi, teh, gula dan kina yang cukup besar di Jawa dan Sumatera Timur. Selama zaman Liberal (1870–1900), usaha-usaha perkebunan swasta Barat mengalami kemajuan pesat dan mendatangkan keuntungan yang besar bagi pengusaha. Kekayaan alam Indonesia mengalir ke Negeri Belanda. Akan tetapi, bagi penduduk pribumi, khususnya di Jawa telah membawa kemerosotan kehidupan, dan kemunduran tingkat kesejahteraan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti berikut.
1) Adanya pertumbuhan penduduk yang meningkat pada bad ke-19, sementara itu jumlah produksi pertanian menurun.
2) Adanya sistem tanam paksa dan kerja rodi yang banyak menimbulkan penyelewengan dan penyalahgunaan dari pihak pengusaha sehingga membawa korban bagi penduduk.
3) Dalam mengurusi pemerintahan di daerah luar Jawa, pemerintah Belanda mengerahkan beban keuangan dari daerah Jawa sehingga secara tidak langsung Jawa harus menanggung beban keuangan.
4) Adanya sistem perpajakan yang sangat memberatkan penduduk.

          Adanya krisis perkebunan pada tahun 1885 yang mengakibatkan perusahaan- perusahaan mengadakan penghematan, seperti menekan uang sewa tanah dan upah kerja baik di pabrik maupun perkebunan. Pada akhir abad ke-19 muncullah kritik-kritik tajam yang ditujukan kepada pemerintah Hindia Belanda dan praktik liberalisme yang gagal memperbaiki nasib kehidupan rakyat Indonesia. Para pengkritik itu menganjurkan untuk memperbaiki rakyat Indonesia. Kebijaksanaan ini didasarkan atas anjuran Mr. C. Th. van Deventer yang menuliskan buah pikirannya dalam majalah De Gids (Perinstis/Pelopor) dengan judul Een Ereschuld (Berhutang Budi) sehingga dikenal politik etis atau politik balas budi. Gagasan van Deventer terkenal dengan nama Trilogi van Deventer.


Nilai Karakter Siswa
·        Kerja Keras: Perilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. sebagai contoh: Dalam usaha James Watt mampu membuka era baru abad lalu lintas cepat dan industri besar karena berhasil menemukan mesin uap. Jadi siswa harus kerja keras terlebih dahulu dengan sungguh-sungguh untuk mencapai titik keberhasilan seseorang.
·        Kreatif: Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki. Contoh: Mesin jahit merupakan ciptaan Issaac Merrit Singer dan Company merupakan satu kesatuan yang penting dalam industri tekstil sehingga banyak berdiri industri pakaian jadi. Sehingga siswa dipicu untuk lebih kreatif dalam mengembangkan ide berpikirnya secara kreatif serta mengahrgai hasil karya orang lain.

7. Metode Pembelajaran :
Menggunakan Metode Ceramah dengan powerpoint, Tanya Jawab
8. Media Pembelajaran:
·        Peta Dunia dan Peta Benua Eropa
·        Film tentang Revolusi Industri berjudul Oliver Twist, diputar selama 30 menit
·        LCD dan Laptop
·        White board dan alat tulis
·        Gambar penemuan-penemuan mesin di masa Revolusi Industri beserta tokoh-tokohnya
9. Kegiatan Pembelajaran
a. Pendahuluan
·        Salam pembuka dilanjutkan dengan do’a sebagai implementasi dari refleksi religius
·        Tanya jawab tentang maraknya pembangunan pabrik-pabrik, industri-industri, serta para buruh yang ada di zaman sekarang (sebagai pemancing rasa ingin tahu siswa terhadap materi Revolusi Industri)
·        Penyampaian tujuan pembelajaran
b.  Inti
·        Siswa diminta menunjukkan letak negara Inggris melalui peta benua Eropa
·        Guru mengajak Siswa untuk mengamati gambar penemuan mesin uap, mesin tenun, dan tokoh penemu serta peta konsep Revolusi Industri untuk mengembangkan rasa ingin tahu siswa (eksplorasi)
·        Siswa menyaksikan cuplikan film Oliver Twist selama 30 menit
·        Siswa menyampaikan isi film dan hubungannya dengan materi yang telah ditonton
c. Penutup
·        Guru bersama dengan siswa melakukan refleksi pembelajaran
·        Siswa menarik kesimpulan dari materi Revolusi Industri dan diminta menghubungkan dengan era industri yang ada di zaman sekarang
·        Menutup pembelajaran dan mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam















10. Penilaian Hasil Belajar
Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c, d, atau e di depan jawaban yang paling tepat!
1.   Kemajuan dalam lapangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempercepat lahirnya revolusi industri. Akibat di bidang sosial bagi bangsa Inggris adalah ….
a. tanah pertanian menjadi tanah industri
b. mendorong perkembangan industry modern
c. lahirnya undang-undang perburuhan
d. pemerasan tenaga kerja dan memperbanyak pengangguran
e. masalah sosial harus cepat diatasi
2.   Tujuan sistem ekonomi merkantilisme adalah …
a. melindungi perdagangan luar negeri
b. mencari daerah untuk pemerasan hasil produksi
c. meningkatkan ekspor emas dan perak
d. menambah sebanyak mungkin logam mulia
e. melaksanakan monopoli perdagangan
3.   Tokoh yang sangat terkenal dengan temuannya yang semakin mengembangkan revolusi industri kemudian dianggap sebagai bapak Revolusi Industri adalah ….
a. Thomas Alfa Edison
b. James Watt
c. Antony Fokker
d. Alessandro Volta
e. Robert Fulton
4.   Peristiwa yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan Eropa dan dunia adalah Revolusi Industri, yang pada hakekatnya merupakan
a. usaha memanfaatkan semua sumber daya alam untuk kehidupan
b. temuan berbagai alat ( iptek ) yang mempercepat proses industrialisasi
c. teknik pembuatan barang dari industri rumah tangga ke sistem pabrik
d. sebuah strategi dalam pengembangan industri  umum
e. perubahan sistem pemerintahan  menuju ke sistem demokrasi
5.   Berikut ini yang tidak termasuk dampak pelaksanaan politik merkantilisme bagi negara-negara Eropa adalah …
a. mengurangi persediaan logam mulia
b. meningkatkan perdagangan luar negeri
c. pemerintahan mengawasi perkembangan ekonomi dan turut campur di dalamnya
d. meningkatkan kegiatan industri
e. mendukung pertambahan penduduk untuk memenuhi tenaga kerja

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan tepat!
1.   Jelaskan yang dimaksud dengan kolonialisme dan Imperialisme?
2.   Jelaskan akibat-akibat imperialisme dalam bidang politik, ekonomi dan sosial budaya!
3.   Jelaskan hubungan merkantilisme, Revolusi industri dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme barat di Indonesia !
4.   Bagaimana kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia abad ke-19 sampai awal abad ke-20 ?
5.   Jelaskan perluasan aktivitas ekonomi pemerintah kolonial dan perusahaan swasta asing?























KUNCI JAWABAN
Pilihan Ganda
1.   D
2.   D
3.   B
4.   B
5.   E

Essay
1.   Istilah Merkantilisme diambil dari kata ”Mercari” yang artinya berjual beli. Merkantilisme adalah sebuah sistem ekonomi di mana negara memiliki wewenang yang besar, atau disebut juga sebagai sistem ekonomi proteksi. Kemakmuran diperoleh dari perdagangan luar negeri. Ideologi ini sangat kuat pengaruhnya, sehingga pada abad ke-18 berkembang menjadi politik ekonomi di negara-negara Eropa Barat. Tujuan dari merkantilisme adalah untuk melindungi perkembangan industri perdagangan dan melindungi kekayaan negara yang ada di masing-masing negara. Kata “Imperialisme” berasal dari kata “Imperator” yang artinya memerintah. Ada juga kata lain yang masih berhubungan dengan kata “Imperialisme” yakni “Imperium” yang dapat diartikan sebagai sebuah kerajaan besar dengan memiliki daerah jajahan yang amat luas. Pada awalnya imperialisme dikembangkan dengan semangat penaklukan dan kejayaan, bahkan semangat untuk menyebarkan agama Nasrani. Pasca revolusi industri, paradigma imperialisme berubah menjadi lebih bermotifkan ekonomi yang bertumpu pada industrialisasi. Daerah-daerah jajahan diperlukan sebagai tempat bagi tersedianya sumber bahan baku yang diperlukan oleh industri. Setelah itu daerah jajahan dijadikan pula sebagai tempat memasarkan hasil-hasil industrinya.
2.   Akibat politik
·        Terciptanya tanah-tanah jajahan
·        Politik pemerasan
·        Berkorbarnya perang kolonial
·        Timbulnya politik dunia (wereldpolitiek)
·        Timbulnya nasionalisme
    Akibat Ekonomis
·        Negara imperialis merupakan pusat kekayaan, negara jajahan lembah kemiskinan
·        Industri si imperialis menjadi besar, perniagaan bangsa jajahan lenyap
·        Perdagangan dunia meluas
·        Adanya lalu-lintas dunia (wereldverkeer)
·        Kapital surplus dan penanamna modal di tanah jajahan
·        Kekuatan ekonomi penduduk asli tanah jajahan lenyap
     Akibat sosial
·        Si imperialis hidup mewah sementara yang dijajah serba kekurangan
·        Si imperialis maju, yang dijajah mundur
·        Rasa harga diri lebih pada bangsa penjajah, rasa harga diri kurang pada bangsa yang dijajah
·        Segala hak ada pada si imperialis, orang yang dijajah tidak memiliki hak apa-apa
·        Munculnya gerakan Eropa-isasi.
3.   Dengan adanya kebijakan Merkantilisme maka Negara-negara merdeka di Eropa melakukan kegiatan perdagangan untuk mencari dan menemukan wilayah baru penghasil rempah-rempah. Apalagi setelah adanya Revolusi industri dimana industri di Negara-negara Eropa berkembang pesat, maka Negara-negara ini membutuhkan daerah-daerah untuk memasok bahan mentah dan pemasaran hasil industri. Revolusi industri menimbulkan adanya kapitalisme, dikarenakan masa ini banyak bermunculan para pemilik modal menguasai peralatan-peralatan industri. Dari adanya merkantilisme, Revolusi industri dan kapitalisme, maka berkembanglah kolonialisme di dunia termasuk Indonesia, kolonialisme di Indonesia bertujuan untuk menguasai sumber daya alam dan menjadikan Indonesia sebagai tempat pemasaran industri.
4.   Kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia abad ke-19 sampai awal abad ke-20 yaitu dengan kebijakan menyewakan tanah kepada pengusaha-pengusaha Eropa yang dilakukan oleh Van Der Capellen yang bertujuan membayar utang-utang Belanda yang cukup besar setelah perang dan setelah pemerintah Belanda di bawah Gubernur Jenderal Van der Bosch mengambil kebijakan tanam paksa yaitu dengan membebaskan 1/5 tanah setiap desa untuk ditanami tanaman ekspor, dan hasilnya akn diserahkan kepada pemerintah kolonial Belanda. Dari sini pemerintah kolonial mendapat keuntungan yang sangat besar.
5.   Dengan menggunakan kebijakan bermotif ekonomi yang pertama kali diterapkan yaitu tanam paksa. Dengan tanam paksa Belanda mulai melakukan eksploitasi kekayaan alam Indonesia untuk menutup utang-utang yang dinulikinya. Pada 1870 Belanda menerapkan kebijakan ekonomi pintu terbuka. Dengan adanya kebijakan ini, dimulailah era komersialisasi, moneterisasi, dan industrialisasi. Belanda membri kesempatan seluas-luasnya kepada perusahaan-perusahaan swasta asing umtuk masuk ke Indonesia, melakukan perdangangan, dan menanamkan modalnya di Indonesia. Politik pintu terbuka didorong dengan bukanya Terusan Suez pada tahun 1869. Pembukaan Terusan Suez ini semakin memudahkan lalu lintas perdagangan Internasional.













11. Sumber Belajar
Drs. Suparman, dkk. Sejarah Nasional dan Umum Untuk SMA Kelas XI Program IPS. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2003.




Mengetahui,                                                                 Jakarta,   Mei 2013

Kepala Sekolah Merah Putih                                               Guru Mata Pelajaran
                                                                  




Aryando Pradana,S.Pd                                                             Reni Wulandari