Sabtu, 01 Juni 2013

Konsep Dasar Ekonomi




1.      Tenaga Kerja seluruh penduduk dalam usia kerja (berusia 15 tahun atau lebih) yang potensial dapat memproduksi barang dan jasa. Tenaga kerja meliputi keahlian dan keterampilan. Dari segi keahlian dan pendidikannya tenaga kerja dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu: tenaga kerja kasar, tenaga kerja terampil dan tenaga kerja terdidik.
2.      Modal bagian hak pemilik dalam perusahaan (selisisih antara aktiva dan kewajiban yang ada).  Faktor produksi ini merupakan benda yang diciptakan oleh manusia dan digunakan untuk memproduksi barang-barang dan jasa-jasa yang dibutuhkan.
3.      Kredit: Kegiatan perorangan atau badan usaha dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup dengan cara meminjam.
4.      Produksi : Proses menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa dengan menggunakan sumber daya yang ada.
5.      Pemotongan harga (discount price):  pengurangan dari harga yang ada. Biasanya potongan harga ini anda wujudkan dalam bentuk tunai dan dimaksudkan untuk menarik konsumen. Ada beberapa jenis-jenis potongan yang bisa anda berikan kepada calon konsumen yakni Potongan Kuantitas, Potongan Dagang, Potongan Tunai, dan Potongan Musiman.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar